Tujuh Keunikan Laba-Laba Sang Pemburu Handal..

1. Bertahan Di Gurun dengan Membuat Pintu Perangkap

Beberapa makhluk hidup pasti sangat sulit untuk bertahan di daerah gurun. Tapi tidak untuk laba-laba ini.
Beberapa jenis laba-laba memiliki teknik-teknik berburu, susunan tubuh, ataupun cara perilaku yang unik sehingga mereka dapat bertahan di panasnya cuaca gurun.
Laba-laba yang hidup di gurun ini biasa dinamai "laba-laba pintu perangkap"
Laba-laba ini menggunakan rumah berpenyekat di dasar gurun sebagai pelindung dari panas sekaligus sebagai perangkap untuk menangkap mangsanya.

Cara atau teknik laba-laba ini adalah dengan menggali liang di dalam tanah. Kemudian memelester bagian dalam terowongan dengan campuran tanah dan cairan yang dihasilkan tubuhnya sendiri agar dinding tanah tersebut kuat dan jauh dari kemungkinan longsor.
Selanjutnya ia menutupi dinding-dinding ini dengan benang buatannya. Dengan cara ini, bagian dalam sarang menjadi tahan terhadap temperatur luar yang tinggi.Sekaligus memberi peluang untuk dia dalam berburu.

2. Penyamar Yang Ahli.


Tidak selalu Laba-laba berburu dengan jaringnya. Salah satunya adalah Laba-laba kepiting. Ia menyamarkan dirinya pada bunga-bungaan dan menyantap lebah-lebah yang hinggap padanya.Memang sangat unik dan spesiesnya pun sangat sulit ditemui

Laba-laba ini  merubah warna tubuhnya menjadi kuning atau putih sesuai warna bunga. Kakinya disembunyikan sangat sempurna di sela-sela bunga dan bersiap diri menunggu mangsa. Warna tubuhnya menyamai warna bunga. Untuk melihatnya kita harus memperhatikannya dengan teliti agar dapat melihat dimana ia bersembunyi.

3. Pelempar Jala Untuk Menangkap mangsa


Layaknya seorang nelayan yang menangkap ikan dengan jala, begitu juga yang dilakukan laba-laba ini. Jenis laba-laba dengan nama ilmiah Dinopis ini, menggunakan teknik berburu yang sangat luar biasa dan menakjubkan.
Yang dilakukannya bukan membangun jaring yang tetap dan menanti mangsa, ia membuat jaring khusus yang dilempar kepada mangsanya. Serangga yang tertangkap mati terpedaya. Kemudian ia membungkus mangsanya dengan benang agar menjadi sebuah "paket" yang tetap segar untuk konsumsi masa datang.
hehehe kayak kulkas aja,,,

4. Sebagai Penipu Ulung


Berbeda dari kebanyakan laba-laba, selain membuat jaring, laba-laba dengan nama Portia Fimbriata ini memburu mangsanya jauh dari jaringnya sendiri. Keistimewaan lain dari Portia adalah lebih menyukai spesiesnya sendiri dibanding serangga lain sebagai makanannya. Oleh karena itu, medan perburuannya umumnya jaring-jaring laba-laba lain. Saat berburu, ia menggunakan cara yang cukup unik

Laba-laba ini akan mendarat pada sebuah jaring ketika angin bertiup atau saat seekor serangga sedang berusaha membebaskan diri. Getaran yang kuat dari serangga tersebut menyamarkan goncangan yang ditimbulkan laba-laba ini saat mencari mangsa.Saat sampai ke jaring, ia melakukan penipuan dengan memetik dan menepuk-nepuk sutera jaring dengan kaki-kakinya, meniru seekor serangga yang terperangkap. Ketika pemilik jaring mendekat, Laba-laba ini bersiaga dan menanti saat yang tepat untuk menerkam.

5. Penyelam Handal


Kebanyakan laba-laba jenis air dari wilayah hangat Asia dan Afrika menghabiskan waktunya di bawah air. tak hayal mereka membuat sarang di dalam air.

laba-laba ini akan membuat sebuah bidang rata antara tangkai-tangkai atau dedaunan di dalam air. Bidang rata ini dilekatkannya ke tangkai-tangkai dengan benang-benang suteranya. Benang-benang ini juga berfungsi sebagai ciri untuk pulang ke rumahnya, selain itu bekerja seperti radar yang memperingatkan adanya mangsa yang mendekat.

Pada sianghari, laba-laba menanti di sarangnya. Jika ada binatang yang lewat, terutama serangga atau larva, ia menerkam dan menyeretnya ke sarang untuk di santapnya.

6. Menyerupai Roda Untuk Menghindari Bahaya 


Kemampuan unik pun terlihat saat laba-laba ini menghadapi bahaya, beberapa spesies laba-laba di gurun Namibia, Afrika Barat-Daya, menarik kaki-kakinya sehingga membentuk tubuhnya tepat seperti roda. Dengan gerakan jungkir-balik yang berulang, menghasilkan kecepatan untuk menghindari bahaya dari musuh.

Ukuran laba-laba ini biasanya sekitar 2,5-3 cm dan dapat bergerak dengan kecepatan 2 meter per detik. epat juga yah...

7 .Pemancing Yang Hebat

Cara berburu yang paling sering digunakan laba-laba yang bernama Dolomedes ini adalah dengan meletakkan empat kakinya di air sementara empat yang lainnya di tanah yang kering atau berbentuk daratan.teknik ini mencegah agar tubuhnya tidak tenggelam.

Dengan cara ini ia akan menunggu kedatangan mahluk hidup dengan mata memandang ke sekitarnya, sementara kaki-kakinya merasakan getaran air. Untuk makanannya, laba-laba ini harus menemukan mangsa sedikitnya sebesar ikan "Golyan", liat aja gambar diatas tadi...sebesar apa ikan yang ia tangkap.

image Source : harun yahya

Share this :

Previous
Next Post »
4 Komentar
avatar

uapik tenan infone,,

bro, tw ga apa tu n bgmna cra krja BACKLINK? kdg q lyt d bbrpa blog, da yg pasg backlink x bbrp bwh,, mxud x bat paan c? tks, les komen dblog q,, info & elektro-unik ada..kdg q lyt d bbrpa blog, da yg pasg backlink x bbrp bwh,, mxud x bat paan c? tks, les komen dblog q,, info & elektro-unik ada..

Balas
avatar

sunggu suatu ciptaan yang sempurna, oleh karena itu jangan kita remehkan hewan kecil sob, ternyata mereka memiliki keistimewaan yang tidak kita punyai.

Balas

ngoceh boleh no spam okey...

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔