Ngeri, kepompong tapi seperti ular

jangan langsung takut jika melihat bentuk seperti ular ini...
seperti yang di beritakan merdeka.com Ketika melihat gambar ini, yang ada dalam pikiran Anda pasti adalah seekor ular yang sedang mencari mangsa. Namun jangan tertipu, gambar tersebut tidak menunjukkan kepala ular ganas, melainkan seekor ulat yang sedang berada dalam tahap kepompong.


Namanya adalah Dynastor darius, salah satu jenis ulat yang tak berbahaya. Ulat ini memiliki bentuk yang unik dan menyerupai wajah ular yang menakutkan. Ketika menjalani tahap kehidupan dari ulat menjadi kepompong, D. Darius akan kesulitan menghindari pemburu, karena itu bentuk kepompongnya yang menyerupai ular akan membantunya menghindari hewan pemburu yang ingin memakannya.


Kepompong ulat yang berasal dari Trinidad ini seringkali berbentuk menyerupai ular Gaboon vit viper. Kepompong yang terlihat seperti kepala ular yang menakutkan ini tentunya akan menipu dan membuat hewan predator lari ketakutan. Transformasi kepompong untuk menyerupai kepala ular ini hanya bertahan selama 13 hari.


Tak hanya bisa menyerupai kepala ular, D. darius ternyata juga bisa mengetahui ketika bahaya datang. Saat itu, dia akan bergelantung di sekitar dedaunan dan bergerak ke kanan atau kiri untuk menyerupai gerakan seekor ular. Dengan begitu, predator yang tadinya akan menyerang justru akan malah ketakutan.


Dalam rantai makanan, ulat memang dilihat sebagai makanan yang kaya protein oleh banyak hewan pemburu. Karena ulat memang hanya makan dan makan hingga tubuhnya membesar dan bersiap untuk tahap kepompong. Sebab itu, ulat membutuhkan pertahanan yang ampuh untuk mencegah predator memakannya.

Bagaimana pendapat Anda dengan kemampuan hebat yang dimiliki oleh ulat D. Darius ini?

Share this :

Previous
Next Post »