Mau Pahala dengan Cara Mudah, Bunuhlah Cicak.


lintas.me, Siapa tak tau cicak? hewan melata yang cukup familiar dan berada disekitar kita, baik di kamar maupun di rumah. Hewan reptil ini memang kerap mengganggu dengan suaranya serta aktivitasnya.

Namun, pernahkah terlintas di pikiran kita untuk membunuh cicak, yang ada malah kasihan ya sob. Namun menurut hukum agama, membunuh cicak hukumnya Sunnah, bahkan dianjurkan oleh Rasulullah.

Beberapa periwayat Hadits mengatakan, Rasulullah menganjurkan untuk membunuh cicak. Kenapa membunuh cicak bisa mendatangkan pahala?

Berikut beberapa penjelasan seputar sunnah membunuh cicak.

1. Cicak merupakan binatang yang berbahaya bagi kesehatan dan tidak memiliki manfaat yang berarti bagi manusia, sehingga binatang ini dianjurkan untuk dibunuh.

2. Membunuh cicak merupakan suatu kesunnahan tanpa pengecualian, hal ini di jelaskan dari Ummu Syarik bahwa Rosul pernah memerintahkan untuk membunuh cicak karena hewan ini telah meniup dan memperbesar api yang telah membakar nabi Ibrahim. Selain itu, dari Abu Hurairah juga menjelaskan bahwa Rosul pernah menerangkan bahwa membunuh cicak dengan 1 kali pukulan berpahala lebih besar dari pada dengan pukulan kedua

3. Kotoran cicak mengandung bakteri yang berbahaya yaitu bakteri E.Coli yang dapat menimbulkan sakit perut dan bahkan keracunan makanan

Dan ada beberapa hikmah dengan membunuh cicak, diantaranya..

1. Mengikuti sunnah Rosul merupakan suatu kesempurnaan sebagai seorang muslim

2. Sesuatu yang kecil dan memiliki banyak kemudharatan wajib untuk disingkirkan

3. Terhindar dari berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang ada dalam kotoran cicak

4. Setiap umat muslim harus tunduk dengan syari’at karena manusia mempunyai keterbatasan fikiran

5. Perintah membunuh cicak merupakan suatu ujian bagi manusia, apakah manusia akan taat dengan ketetapan Allah atau malah mengedepankan pikiran mereka yang terbatas sehingga menolak perintah tersebut

Didalam shahih Muslim, Sunan Abu Daud dan Jami’ at Tirmidzi dari Abu Hurairoh berkata :

Rasulullah saw bersabda,”Barangsiapa membunuh cecak maka pada awal pukulannya baginya ini dan itu satu kebaikan. Barangsiapa yang membunuhnya dalam pukulan kedua maka baginya ini dan itu satu kebaikan yang berbeda dengan yang pertama. Jika dia membunuhnya pada pukulan ketiga maka baginya ini dan itu kebaikan yang berbeda dengan yang kedua."

Dan dalam kitab shahih Muslim disebutkan: Barangsiapa yang membunuh cecak pada satu kali pukulan maka baginya seratus kebaikan. Dan jika pada pukulan kedua maka baginya (kebaikan) berbeda dengan itu (yang pertama), dan jika pada pukulan ketiga maka baginya (kebaikan) berbeda dengan itu (yang kedua).

Sedangkan di dalam “al Mu’jam al Ausath” milik Thabrani dari hadits Aisyah yang mengatakan, ”Aku mendengar bahwa Rasulullah saw bersabda, barangsiapa yang membunuh cecak maka Allah akan menghapuskan tujuh kesalahan atasnya.”

Source: eramuslim.com